SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Sistem koloid
· Sifat koloid
· Pembuatan koloid
· Peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dari
berbagai sumber dengan membaca/mendengar/mengmati tentang
sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mencari contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan
sehari-hari.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perbedaan larutan sejati, koloid dan suspensi, sistem
koloid yang terdapat dalam kehidupan (kosmetik, farmasi, bahan makanan dan lain-lain)
· Mengapa
piring yang kotor karena minyak harus dicuci menggunakan sabun?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid,
sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan
sehari-hari
·
Merancang percobaan pembuatan koloid dan
mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
·
Melakukan percobaan pembuatan koloid
·
Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
· Mendiskusikan
bahan/zat yang berupa koloid dalam industri farmasi, kosmetik,
bahan makanan, dan lain-lain
Mengasosiasi (Associating)
·
Menganalisis dan menyimpulkan data
percobaan
·
Menghubungkan sistem koloid dengan sifat koloid
· Diskusi informasi tentang koloid liofob dan hidrofob
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang
sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam
kehidupan sehari-hari
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar
·
Mengkomunikasikan peranan koloid dalam
industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain.
|
Tugas
· Membuat peta konsep tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid,
pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
dan mempresentasi-kannya
· Merancang percobaan pembuatan koloid
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume/suhu, cara menggunakan senter (effek Tyndall)
cara menggunakan pipet, menimbang, keaktifan,
kerja sama, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Pemahaman sistem koloid, sifat koloid, dan pembuatan koloid
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.14
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
|||||
4.14 Mengajukan ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman membuat beberapa jenis koloid.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar